ABK KAPAL NURPATIHA DITEMUKAN


NUNUKAN—Tim SAR Gabungan meneruskan pencarian terhadap ABK KM Nurpatiha yang jatuh ke sungai Senin (6/6/2016). Pencarian terhadap ABK atas nama Olan ini telah dilakukan Tim SAR Gabungan sehari sebelumnya, Minggu (5/6/2016).  Olan dilaporkan jatuh ke sungai saat berlayar menuju Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (4/6) dini hari. Koordinator Pos (Korpos) Pos SAR Nunukan Kantor SAR Balikpapan, Octavianto mengatakan setelah mendapatkan informasi tentang kejadian ini, Tim Rescue Pos SAR Nunukan langsung menuju lokasi. Setibanya di lokasi Tim Rescue melakukan koordinasi dengan Tim SAR yang lain serta mengumpulkan data korban dan kronologis kejadian. Pencarian korban dilakukan Minggu (5/6/2016) pagi dengan cara membagi tim menjadi dua regu.

Regu pertama penyisiran pada tiga kilo meter ke hulu dari lokasi kejadian di Sei Bandu Desa Atap Kecamatan Sebuku dan tim kedua menyisir ke hilir. Pencarian tersebut selain dilakukan oleh Tim Rescue Pos SAR Nunukan juga dibantu oleh anggota FPTI Nunukan, BPBD Kabupaten Nunukan, Polsek Sebuku, Koramil Sebuku dan masyarakat setempat.

Pencarian dilakukan hingga Pukul 17.30 WITA. Namun karena belum menemukan tanda-tanda korban, maka pencarian dihentikan sementara dan dilanjutkan Senin (6/6/2016). Octavianto menjelaskan sebelum melaporkan kejadian ini ke Pos SAR Nunukan, rekan korban bernama Abdul Rahman, sempat melihat korban mengapung dalam air sungai dan minta tolong ketika hendak menggosok gigi setelah makan bersama. Setelah makan bersama korban yang beralamat di Pulau Nunukan itu langsung ke arah belakang. Kemungkinan korban terpeleset dan akhirnya jatuh ke dalam sungai. “Ketika hendak ditolong oleh Abdul Rahman, korban tiba-tiba menghilang dibawa arus air yang sangat kuat meskipun sempat berteriak minta tolong,” tambah Octavianto.

 

NUNUKAN— Tim SAR gabungan berhasil menemukan ABK Kapal Nurpatiha atas nama Ola (L/17) pada Senin (6/6/16) sekitar pukul 14.15 WITA. Ola ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 03°58’’21.95’ N - 117°07’’15.6’E sekitar 4 nautical mile dari lokasi musibah.

Sebelumnya, Olan dilaporkan jatuh ke sungai saat berlayar menuju Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu (4/6/16) dini hari. Koordinator Pos (Korpos) Pos SAR Nunukan Kantor SAR Balikpapan,

Octavianto mengatakan setelah mendapatkan informasi tentang kejadian ini, Tim rescue Pos SAR Nunukan langsung menuju lokasi. Setibanya di lokasi TimrescuePos SAR Nunukan melakukan koordinasi dengan Tim SAR yang lain yang terdiri dari anggota FPTI Nunukan,  BPBD Kabupaten Nunukan, Polsek Sebuku, Koramil Sebuku dan masyarakat setempat serta mengumpulkan data korban dan kronologis kejadian.Octavianus menjelaskan bahwa rekan korban bernama Abdul Rahman, sempat melihat korban mengapung dalam air sungai dan minta tolong ketika hendak menggosok gigi setelah makan bersama. Setelah makan bersama korban yang beralamat di Pulau Nunukan itu langsung ke arah belakang. Kemungkinan korban terpeleset dan akhirnya jatuh ke dalam sungai. “Ketika hendak ditolong oleh Abdul Rahman, korban tiba-tiba menghilang dibawa arus air yang sangat kuat meskipun sempat berteriak minta tolong,” tambah Octavianto.

Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban setelah melakukan pencarian selama dua hari. Tim SAR gabungan kembali ke kesatuannya masing-masing setelah semua proses evakuasi selesai dilaksanakan.WIS



Kategori General Berita .
Pengunggah : author