Basarnas Laksanakan Bimtek Agent of Change


JAKARTA – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Agent of Change atau agen perubahan. Untuk mempercepat perubahan kepada seluruh pegawai di lingkungan Basarnas, diperlukan beberapa individu untuk menjadi unsur penggerak utama perubahan sekaligus dapat menjadi contoh dalam berperilaku bagi individu, anggota, maupun organisasi yang ada di lingkungan organisasinya.

WhatsApp Image 2019-04-15 at 18.00.05.jpeg

Adapun tujuan dari Bimtek Agent of Change ini untuk memberikan pencerahan serta peningkatan pengetahuan yang pada akhirnya dapat membawa perubahan signifikan terhadap peningkatan kinerja di lingkungan Kantor Pusat Basarnas maupun seluruh Unit Pelaksana Teknis.

WhatsApp Image 2019-04-15 at 18.00.04 (2).jpeg

Kegiatan yang berlangsung dua hari mulai Senin (15/4) hingga Selasa (16/4) diikuti sebanyak 60 peserta terdiri dari seluruh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Kepala Balai Diklat, dan pejabat di lingkungan Kantor Pusat basarnas.

“Perubahan itu sangat cepat sehingga kita harus bisa menyesuaikan diri. Kemarin di Ancol disampaikan kita ini berada di atas panggung Basarnas, penontonnya adalah masyarakat. Apa yang diharapkan penonton ketika kita berada di panggung, mereka akan menilai kita secara mata telanjang. Perkembangan teknologi demikian pesat, informasi yg ada di Sabang bisa cepat sampai di Merauke, artinya baik dan burukhya itu bisa cepat menyebar kemana-mana dan menjai viral”, ujar Sekretaris Utama Drs. Dianta Bangun, M.Kes saat membuka Bimtek Senin pagi gi Hotel Grand Orchardz Jakarta.

WhatsApp Image 2019-04-15 at 18.00.04.jpeg

Dianta menambahkan bahwa perubahan itu setiap bangun pagi sudah ada, oleh karena itu buka mata, pikiran, dan hati untuk bisa menerima perubahan-perubahan yang positif.

“Agen perubahan ini tentunya akan menjadi panutan atau pemicu adanya perubahan. Anda sebagai Kepala Kantor bisa kah membawa perubahan itu di kantor atau di unit kerja kita masing-masing ada kemajuan atau tidak. Untuk membawa kemajuan tentunya harus dimulai dari orang yang visioner melihat ke depan bukan hanya hidup di masa lalu dan di dalam kotak di masa sekarang. Artinya kita berfikir bagaimana tuntutan masyarakat 5 thn mendatang terhadap kinerja kita sekarang. Oleh sebab itu perubahan-perubahan ini perlu senantiasa kita cermati khususnya yg terkait dengan reformasi birokrasi, tentunya perubahan yg diharapkan adalah perubahan yg positif”, tegas Dianta.

WhatsApp Image 2019-04-15 at 18.00.03 (1).jpeg

Hadir sebagai narasumber Dudi Supriadi dari ESQ ACT Consulting. Adapun materi yang diberikan meliputi finding motivation & meaning of work, why culture is important, my roles & responsibilities (being agent of change), challenge of change, what are basic skills to acquire, fun theory of living value spirit, dan culture initiatives.

Melalui bimtek ini diharapkan nantinya para peserta dapat bertanggung jawab sebagai Agent of Change untuk menggerakkan perubahan pada lingkungan kerjanya dan sekaligus dapat berperan sebagai teladan (role model) bagi setiap individu organisasi yang lain dalam berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang dianut organisasi. (an)



Kategori General Artikel , Agenda Pusat , General Berita .
Pengunggah : Febrilina
15 April 16:00 WIB